Warga Banyu Abang Serahkan Orangutan

8 Jan 2018
Heribertus Suciadi

Warga Banyu Abang Serahkan Orangutan

oleh | Jan 8, 2018

TRIBUNPONTIANAK. CO.ID, KAYONG UTARA – Warga Desa Banyu Abang Kecamatan Teluk Batang menyerahkan secara sukarela seekor orangutan ke Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Resort Sukadana.

“Pada Sabtu yang lalu, diinformasikan bahwa ada orangutan di Desa banyu Abang. Sebelumnya memang disampaikan bahwa orangutan tersebut akan diserahkan tapi tidak mengetahui harus menghubungi siapa,” terang Kepala Resort Sukadana dan Cagar Alam Kepulauan Karimata, Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalimantan Barat Urai Iskandar, Selasa (3/10/2017).

Bersama Yayasan Inisiasi Alam Rehabilitasi Indonesia (YIARI), tim BKSDA Resort Sukadana mengevakuasi hewan yang dilindungi tersebut untuk direhabilitasi sebelum akhirnya nanti dilepas liarkan.

“Pada saat itu dia (pemilik orangutan) menyelamatkan orangutan di lingkungan tempat tinggalnya, kemudian sempat dibuatkan kandang, sebelum pada akhirnya orangutan tersebut diserahkan kepada kita,” jelasnya.

Mengenai orangutannya sendiri dikatakan satu diantara dari tim rescue YIARI, Ulfa, hewan yang memiliki nama latin Pongo Pygmaeus tersebut masih memiliki sifat liar yang cukup baik dan dalam keadaan sehat saat ini.

“Ini jenis kelaminnya betina, umurnya kurang lebih 3 tahun, untuk kesehatannya cukup bagus,” katanya singkat.

 

Sumber : http://pontianak.tribunnews.com/2017/10/04/warga-banyu-abang-serahkan-orangutan

Dukung satwa-satwa dilindungi Indonesia dengan membagikan kisah ini di sosial mediamu atau ikut berdonasi untuk satwa-satwa di pusat rehabilitasi kami dengan mengklik link di sini.

Kabar YIARI

7
Jul 15, 2024

Flora dan Fauna di Indonesia: Definisi, Jenis, Karakteristik

Hai, sobat #KonservasYIARI! Jika seseorang bertanya, "Apa saja kekayaan alam berupa flora dan fauna di Indonesia?" banyak dari kita akan langsung menyebut Rafflesia arnoldii, anggrek hitam, komodo, dan badak jawa. Nama-nama ini mungkin sudah tidak asing lagi, namun...

7
Jul 4, 2024

Lima Prinsip Kesejahteraan Satwa yang Harus Kamu Ingat!

Pasti Sobat #KonservasYIARI mendambakan hidup sejahtera dan bebas, bukan? Seperti halnya manusia, hewan juga merupakan makhluk hidup yang berhak menikmati kehidupan yang bebas dan sejahtera. Kesejahteraan hewan, yang dikenal dengan lima prinsip kebebasan...

7
Jun 26, 2024

Hutan Mangrove, Rumah bagi Biota dan Fauna yang Mesti Dilindungi

Fungsi hutan mangrove ternyata lebih banyak daripada yang kita duga, fungsi dan perannya tidak hanya melulu menahan laju abrasi pantai. Sebab, berbagai jenis biota dan fauna menghuni kawasan ekosistem satu ini, memberi manfaat bagi lingkungan maupun untuk...

Artikel Terkait