Warga Serahkan Orangutan ke BKSDA Sukadana

8 Jan 2018
Heribertus Suciadi

Warga Serahkan Orangutan ke BKSDA Sukadana

oleh | Jan 8, 2018

Sukadana (Antara Kalbar) – Seorang warga Desa Banyu Abang Kecamatan Teluk Batang  menyerahkan secara sukarela satu individu orangutan peliharaan ke Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSD) Resort Sukadana.
“Pada sabtu yang lalu, diinformasikan bahwa ada orangutan di desa banyu Abang, sebelumnya memang disampaikan bahwa orangutan tersebut akan diserahkan tapi tidak mengetahui harus menghubungi siapa,” ujar Kepala Resort Sukadana dan Cagar Alam Kepulauan Karimata, Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalimantan Barat Urai Iskandar.
Bersama Yayasan Inisiasi Alam Rehabilitasi Indonesia (YIARI), tim  BKSD Resort Sukadana mengevakuasi hewan yang dilindungi tersebut untuk direhabilitasi sebelum akhirnya nanti di lepasliarkan.
“Pada saat itu dia (pemilik orangutan) menyelamatkan orangutan di lingkungan tempat tinggalnya, kemudian sempat dibuatkan kandang, sebelum pada akhirnya orangutan tersebut diserahkan kepada kita,” jelasnya.
Mengenai orangutan tersebut, dikatakan salah satu dari tim rescue YIARI Ulfa, hewan yang memiliki nama latin  Pongo Pygmaeus tersebut masih memiliki sifat liar yang cukup baik dan dalam keadaan sehat saat di selamatkan.
“Ini jenis kelaminnya betina, umurnya kurang lebih 3 tahun, untuk kesehatannya cukup bagus,” kata dia.

 

Sumber : https://kalbar.antaranews.com/berita/352280/warga-serahkan-orangutan-ke-bksda-sukadana

Dukung satwa-satwa dilindungi Indonesia dengan membagikan kisah ini di sosial mediamu atau ikut berdonasi untuk satwa-satwa di pusat rehabilitasi kami dengan mengklik link di sini.

Kabar YIARI

7
Apr 1, 2024

Perlu Diketahui! 7 Jenis Plastik ini Sering Kita Pakai 

Sobat #KonservasYIARI pada mulanya plastik diciptakan manusia sebagai pengganti paper bag, loh! Seiring berjalannya waktu plastik diproduksi secara besar-besaran.  Tidak hanya itu, kini plastik sudah menjadi pencemar lingkungan seperti kemasan plastik sekali...

7
Mar 25, 2024

Yuk Kenali Primata Indonesia dengan Status Kritis di Alam!

Kata pepatah tak kenal maka tak sayang. Oleh sebab itu Sobat #KonservasYIARI harus kenal dengan primata di Indonesia yang memiliki status Critically Endangered (CR) atau kritis di alam. Primata yang memiliki status konservasi kritis di alam menandakan bahwa primata...

Artikel Terkait