Stres, Orangutan Ini Kerap Benturkan Kepalanya ke Lantai

25 Jan 2016
Heribertus Suciadi

Stres, Orangutan Ini Kerap Benturkan Kepalanya ke Lantai

oleh | Jan 25, 2016

VIVA.co.id– Seekor anak orangutan Kalimantan yang dipelihara warga diduga mengalami tekanan mental. Orangutan itu kini diserahkan ke lembaga perlindungan orangutan, Yayasan Inisiasi Alam Rehabilitasi Indonesia (YIARI).

Dalam keterangan tertulisnya, satwa dilindungi ini diketahui dalam kondisi memperihatinkan dan selalu memeluk dirinya sendiri.

“Mungkin merindukan kontak fisik yang ia dapatkan dari ibunya,” kata drh Jacklyn Eng, dokter hewan di YIARI, Kamis, 7 Januari 2016.

“Dia bertingkah abnormal karena stres, terkadang berjalan dan memukulkan kepalanya ke lantai. Ini menyedihkan.”

Orangutan yang sudah dinamai Joss oleh pemeliharanya ini didapat dari Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat, pada Selasa, 5 Januari 2016.

Ia telah dipelihara selama dua tahun, usai dibeli seharga Rp500 ribu oleh pemiliknya. Selama dipelihara, Joss hanya mengonsumsi susu dan tinggal di dalam rumah.

Joss juga menjadi orangutan pertama yang diselamatkan oleh YIARI di tahun ini. Tahun lalu, sebanyak 44 orangutan sudah berhasil dievakuasi.

“Saat ini sudah ada 99 orangutan di pusat penyelamatan kami. Upaya merehabilitasi Joss akan memakan waktu bertahun-tahun. Waktu yang panjang ini tidak hanya diperlukan bagi mereka untuk mempelajari keterampilan untuk bertahan hidup, tapi juga untuk memulihkan mereka dari trauma psikologis,” ujar Direktur Program YIARI Ketapang Karmele Sanchez.

Menurutnya, memelihara orangutan tidak hanya illegal, tapi juga merupakan kekejaman bagi satwa langka yang cerdas ini. “Kami benar-benar berharap akan lebih banyak orang yang membantu kami untuk menyelamatkan orangutan sebelum terlambat,” katanya.

VIVA.co.id

Dukung satwa-satwa dilindungi Indonesia dengan membagikan kisah ini di sosial mediamu atau ikut berdonasi untuk satwa-satwa di pusat rehabilitasi kami dengan mengklik link di sini.

Kabar YIARI

7
Jul 15, 2024

Flora dan Fauna di Indonesia: Definisi, Jenis, Karakteristik

Hai, sobat #KonservasYIARI! Jika seseorang bertanya, "Apa saja kekayaan alam berupa flora dan fauna di Indonesia?" banyak dari kita akan langsung menyebut Rafflesia arnoldii, anggrek hitam, komodo, dan badak jawa. Nama-nama ini mungkin sudah tidak asing lagi, namun...

7
Jul 4, 2024

Lima Prinsip Kesejahteraan Satwa yang Harus Kamu Ingat!

Pasti Sobat #KonservasYIARI mendambakan hidup sejahtera dan bebas, bukan? Seperti halnya manusia, hewan juga merupakan makhluk hidup yang berhak menikmati kehidupan yang bebas dan sejahtera. Kesejahteraan hewan, yang dikenal dengan lima prinsip kebebasan...

7
Jun 26, 2024

Hutan Mangrove, Rumah bagi Biota dan Fauna yang Mesti Dilindungi

Fungsi hutan mangrove ternyata lebih banyak daripada yang kita duga, fungsi dan perannya tidak hanya melulu menahan laju abrasi pantai. Sebab, berbagai jenis biota dan fauna menghuni kawasan ekosistem satu ini, memberi manfaat bagi lingkungan maupun untuk...

Artikel Terkait