Memperingati Hari Lingkungan Hidup dengan Edukasi Konservasi di Taman Baca Jalosi, Lampung

7 Jun 2023
Admin YIARI

Memperingati Hari Lingkungan Hidup dengan Edukasi Konservasi di Taman Baca Jalosi, Lampung

oleh | Jun 7, 2023

Selamat Hari Lingkungan Hidup sedunia, Sobat #KonservasYIARI!

Dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup sedunia yang diperingati setiap tanggal 05 Juni, kami mengadakan kegiatan bertema konservasi pada 04 Juni 2023 lalu di Taman Baca Jalosi Sanak Negeri yang berlokasi di Kecamatan Air Naningan, Kabupaten Tanggamus, Lampung.

Kegiatan yang didampingi Kak Inggit, salah satu inisiator dari YIARI, ini berkolaborasi dengan volunteer dan komunitas pemuda “Bolang Lansia Explorer”. Sebanyak 33 anak-anak dari PAUD hingga SMP aktif mengikuti rangkaian kegiatan sampai akhir.

Anak-anak fokus mengikuti kegiatan membaca, mewarnai dan menggambar (Tim Edukasi | Yayasan IAR Indonesia)

Kegiatan yang dilakukan meliputi pembuatan persemaian mini di lingkungan taman baca dengan ukuran 2 m x 3 m, belajar membaca untuk anak-anak PAUD, membaca puisi, mewarnai, juga menggambar.

Tanaman yang ditanam pada persemaian adalah beragam jenis sayur mayur seperti bayam hijau, terong hijau bulat, timun lalap, rempai, sawi bunga, kangkung, dan cabai. Setelah persemaian dibuat, anak-anak diberi tanggung jawab untuk merawat tanaman tersebut. Jika anak-anak berhasil merawat tanaman tersebut sampai siap panen, hasil panennya pun dapat dimanfaatkan langsung oleh mereka!

Persiapan bahan dan persemaian lahan untuk pembuatan persemaian mini  (Tim Edukasi | Yayasan IAR Indonesia)

Dengan adanya kegiatan pembuatan persemaian mini tersebut, harapannya anak-anak peserta dapat memiliki rasa tanggung jawab untuk melakukan kegiatan pemeliharaan terhadap tanaman yang telah mereka tanam. Semoga rangkaian kegiatan ini juga dapat menanamkan rasa menjaga lingkungan dan mencintai makhluk hidup yang berada di lingkungan sekitar.

Selain manfaat yang didapat dari kegiatan untuk anak-anak peserta, kegiatan ini juga bermanfaat untuk pemuda-pemuda komunitas dan dapat menjadi inspiratif tindakan pergerakan mengajak anak muda untuk ikut serta dalam kegiatan konservasi.

Hasil kerja keras dan semangat adik-adik peserta yang dipandu kakak-kakak, akhirnya persemaian mini sudah jadi! (Tim Edukasi | Yayasan IAR Indonesia)

Semoga harapan-harapan yang ada terkait acara ini bisa terwujud ya, aamiin! Rencananya, akan dilakukan kegiatan kolaborasi lanjutan bersama beberapa pihak di Taman Baca Jalosi Sanak Negeri dalam agenda Anniversary Taman Baca di bulan ini juga, nantikan keseruannya ya! Nah kalau Sobat #KonservasYIARI pernah ikut kegiatan lingkungan gak? 

Dukung satwa-satwa dilindungi Indonesia dengan membagikan kisah ini di sosial mediamu atau ikut berdonasi untuk satwa-satwa di pusat rehabilitasi kami dengan mengklik link di sini.

Fathia Rosatika

Dukung satwa-satwa dilindungi Indonesia dengan membagikan kisah ini di sosial mediamu atau ikut berdonasi untuk satwa-satwa di pusat rehabilitasi kami dengan mengklik link di sini.

Kabar YIARI

Artikel Terkait