Kukang dan Bekantan

11 Mei 2012
Admin YIARI

Kukang dan Bekantan

oleh | Mei 11, 2012

Oleh IHp_EDU
Ada apa dengan kukang dan bekantan? Mereka berkolaborasi! lho kok bisa???
Bisa dong, karena kukang dan bekantan yang dimaksud bukanlah satwa yang sesungguhnya. Program Slow Loris Awareness (SLA) dari Yayasan IAR Indonesia bekerjasama dengan Uni Konservasi Fauna (UKF) IPB dalam kegiatan yang diberi nama BEKANTAN.
BEKANTAN merupakan singkatan dari bincang edukasi tentang konservasi dan lingkungan Kegiatan rutin UKF IPB ini mengundang narasumber yang berkaitan dengan tema yang telah ditentukan.
Pada bulan April kemarin tepatnya pada tanggal satu, kegiatan BEKANTAN bertemakan kukang yaitu tentang kondisi dan permasalahan kukang. Sekurang-kurangnya ada 26 mahasiswa dari berbagai disiplin ilmu yang menghadiri kegiatan tersebut.
Dari semua kegiatan, sesi diskusi merupakan yang paling menarik. Beberapa mahasiswa menganggap kukang memiliki potensi sebagai satwa yang dapat dikembangbiakan untuk kebutuhan permintaan satwa peliharaan maupun sebagai satwa yang dapat dilepasliarkan kembali ke alam.
Pernyataan tersebut kemudian dibantah oleh narasumber, Indah Winarti, Kordinator SLA yang menyatakan bahwa primata seperti kukang bukanlah satwa peliharaan sehingga seharusnya mereka tidak boleh dipelihara. Hal lain yang cukup penting adalah tingginya potensi penyakit menular atau zoonosis pada dari primata ke manusia begitupun sebaliknya.
Dalam kegiatan tersebut Winar juga mengatakan bahwa upaya pelestarian kukang yang lebih di utamakan adalah secara insitu yang artinya dilakukan di habitat asli kukang. Upaya-upaya tersebut antara lain penguatan data di alam dan eksitu lepas yang berupa monitoring pelepasliaran kukang yang telah direhabilitasi kukang ke alam. Yang terakhir dan juga penting adalah penyadartahuan untuk mencegah dan mengurangi angka perburuan dan perdagangan kukang.

Dukung satwa-satwa dilindungi Indonesia dengan membagikan kisah ini di sosial mediamu atau ikut berdonasi untuk satwa-satwa di pusat rehabilitasi kami dengan mengklik link di sini.

Kabar YIARI

7
Jul 15, 2024

Flora dan Fauna di Indonesia: Definisi, Jenis, Karakteristik

Hai, sobat #KonservasYIARI! Jika seseorang bertanya, "Apa saja kekayaan alam berupa flora dan fauna di Indonesia?" banyak dari kita akan langsung menyebut Rafflesia arnoldii, anggrek hitam, komodo, dan badak jawa. Nama-nama ini mungkin sudah tidak asing lagi, namun...

7
Jul 4, 2024

Lima Prinsip Kesejahteraan Satwa yang Harus Kamu Ingat!

Pasti Sobat #KonservasYIARI mendambakan hidup sejahtera dan bebas, bukan? Seperti halnya manusia, hewan juga merupakan makhluk hidup yang berhak menikmati kehidupan yang bebas dan sejahtera. Kesejahteraan hewan, yang dikenal dengan lima prinsip kebebasan...

7
Jun 26, 2024

Hutan Mangrove, Rumah bagi Biota dan Fauna yang Mesti Dilindungi

Fungsi hutan mangrove ternyata lebih banyak daripada yang kita duga, fungsi dan perannya tidak hanya melulu menahan laju abrasi pantai. Sebab, berbagai jenis biota dan fauna menghuni kawasan ekosistem satu ini, memberi manfaat bagi lingkungan maupun untuk...

Artikel Terkait