Hutan Kalimantan, Habitat bagi Primata di Indonesia

8 Des 2023
Admin YIARI

Hutan Kalimantan, Habitat bagi Primata di Indonesia

oleh | Des 8, 2023

Halo Sobat #KonservasYIARI!

Tentu Sobat tahu ya bahwa hutan Kalimantan merupakan paru-paru dunia, hal ini disebabkan karena luasnya lho!  menurut BPS dikutip dari databoks.katadata.co.id luas hutan Kalimantan tahun 2021 mencapai 28.526.033 ha.

Berbagai jenis pohon tumbuh disana, bahkan orang lebih mengenal hutan Kalimantan dengan sebutan Borneo. Borneo berasal dari nama pohon Borneol yang banyak tumbuh di hutan Kalimantan. 

Tidak heran jika hutan Kalimantan menjadi habitat berbagai jenis satwa liar khususnya bagi primata. Mulai dari primata kecil hingga primata besar seperti orangutan.  

Banyak jenis primata membutuhkan pepohonan yang tinggi untuk beraktivitas, mencari makan, membuat sarang, dan bermain. 

Namun sangat disayangkan Sobat, tidak banyak masyarakat yang mengetahui jenis-jenis primata yang hidup di hutan Kalimantan. 

Oleh sebab itu, yuk kita simak berbagai jenis primata yang hidup di hutan Kalimantan!

1. Bekantan

Bekantan merupakan satwa endemik Pulau Kalimantan yang banyak ditemukan pada ekosistem gambut seperti hutan mangrove, rawa, dan hutan pantai. Monyet dengan ciri-ciri khas hidung yang panjang ini memiliki nama ilmiah Nasalis larvatus

Bekantan (Nasalis larvatus) (Gazagazasanid / CC BY-SA 4.0 DEED)

Bekantan juga sering disebut monyet belanda, mungkin karena rambutnya berwarna cokelat kemerahan ya Sobat. Bekantan juga merupakan primata diurnal dimana banyak melakukan aktivitas di siang hari. Selain itu, bekantan merupakan perenang yang ulung karena memiliki selaput kulit seperti katak pada bagian telapak kaki dan tangannya.

Ohiya Sobat, saking bangganya karena memiliki primata endemik dan unik ini, bekantan dijadikan landmark Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Patung setinggi 6,3 meter ini dibuat di tepi Siring Sungai Martapura. Bahkan bekantan dijadikan maskot salah satu tempat rekreasi, yaitu Dunia Fantasi (Dufan) di Jakarta. 

Monumen Bekantan di Banjarmasin (Astari28 / CC BY-SA 4.0 DEED)
Maskot Dunia Fantasi, Jakarta (Putra15894 / Lisensi Dokumentasi Bebas GNU)

Namun sayangnya menurut International Union for Conservation of Nature and Natural Resources (IUCN) keberadaan bekantan kini terancam punah (endangered), tentu salah satu penyebab utamanya adalah alih fungsi lahan hutan. Padahal ya Sobat, bekantan ini memiliki fungsi sebagai pengatur silvikultur hutan dengan memakan daun dan pucuk pepohonan.

2. Orangutan 

Orangutan merupakan kera besar yang hanya berada di Asia, salah satunya di Indonesia. Di Indonesia habitat orangutan hanya berada di hutan Sumatra dan Kalimantan, loh!

Hutan Kalimantan menjadi habitat salah satu jenis orangutan, yaitu Orangutan Kalimantan (Pongo pygmaeus).

Tahu gak Sob? Orangutan Kalimantan merupakan hewan arboreal terbesar di dunia loh! šŸ¤©

Orangutan kalimantan / bornean orangutan (Pongo pygmaeus) (matthewkwan, some rights reserved (CC-BY-ND) / iNaturalist)

Orangutan kalimantan memiliki ciri fisik rambut panjang dan kusut dengan warna merah gelap kecokelatan, dengan gradasi warna pada wajah dimulai dari merah muda, merah hingga hitam. Primata endemik hutan Kalimantan ini memiliki lengan yang panjang serta jakun yang besar untuk mengeluarkan suara yang besar memanggil rombongan orangutan. 

Keberadaan orangutan kalimantan menurut IUCN kini kritis di alam (critically endangered). Sedih sekali ya Sobat! Kalau kita lihat orangutan dan hutan memiliki hubungan timbal balik yang saling menguntungkan. Orangutan berperan sebagai penyebar biji-bijian dan membantu pepohonan di hutan untuk beregenerasi. 

3. Kukang

Kukang merupakan primata yang dijuluki satwa yang lucu dan menggemaskan, padahal Sobat kukang itu merupakan satwa berbisa. Kukang memiliki cairan bisa dilengannya dan taring yang tajam. Apabila bisa tersebut tersalurkan ke tubuh manusia melalui gigitannya dapat menyebabkan demam dan pembengkakan.  

Di Pulau Kalimantan terdapat tiga  jenis kukang, yaitu kukang kalamasan kalimantan (Nycticebus menagensis), kukang kalimantan (Nycticebus borneanus), dan kukang kayan (Nycticebus kayan).

Kukang kalimantan / bornean slow loris (Nycticebus menagensis) (Phil Benstead, some rights reserved (CC-BY-NC) / iNaturalist)

Status konservasi dari ketiga jenis kukang yang hidup di hutan Kalimantan ini adalah rentan (vulnerable). Waduh jangan sampai status konservasi ini naik ya Sobat!

Kukang merupakan satwa nokturnal yang sangat menyukai sari bunga kaliandra. Kukang memiliki peran penting bagi ekosistem sebagai pengendali hama serangga, membantu penyerbukan dan penyebaran tumbuhan.

Sekarang ini masih banyak masyarakat Indonesia yang menyamakan kukang dengan kungkang lho! Tentu mereka berbeda ya. Coba Sobat lihat gambar berikut ini untuk melihat perbedaan kukang dan kungkang. 

Kukang kayan / kayan river slow loris 
 (Nycticebus kayan) (mike_hoit, some rights reserved (CC-BY-NC) / iNaturalist)

Kungkang / sloths (Travis Kurtz, some rights reserved (CC-BY-NC) / iNaturalist)

4. Owa

Owa merupakan kera kecil yang setia lho! Owa merupakan satwa monogami, setia dengan pasangannya. Owa banyak menghabiskan waktunya di atas pohon atau biasa disebut satwa arboreal. 

Jenis owa endemik Pulau Kalimantan adalah owa kalawat (Hylobates muelleri). Wilayah sebarannya berada di bagian tenggara dan timur Pulau Kalimantan, tepatnya di sebelah timur Sungai Barito, Kalimantan Selatan hingga sebelah utara Sungai Karangan, Kalimantan Timur. 

Owa kalawat / MĆ¼ller’s bornean gibbon (Hylobates muelleri) (Mike Prince / CC BY 2.0 DEED)

Owa kalawat menyukai kanopi hutan yang rapat, hal ini disebabkan Ia suka sekali berayun (brankiasi). Owa kelawat memiliki suara yang unik hal ini berguna untuk mempertahankan wilayahnya.

Primata endemik ini memiliki tubuh yang ditutupi oleh rambut berwarna cokelat atau abu-abu dan dilengkapi dengan alis yang berwarna terang.

Menurut IUCN, owa kalawat kini terancam punah (endangered). Banyak mitos-mitos mengenai obat-obatan yang berasal dari owa kalawat menjadikan satwa ini banyak diburu. Alasan lain yang membuat populasi spesies ini menurun ialah deforestasi.

5. Lutung

Jenis lutung yang hidup di hutan Kalimantan adalah Lutung kelabu (Trachypithecus cristatus). Lutung kelabu merupakan monyet yang hidup arboreal dengan ciri-ciri memiliki rambut tubuh berwarna hitam dengan ujung warna putih atau kelabu. 

Lutung kelabu / silvered lead monkey (Trachypithecus cristatus) (Wilson Yau, some rights reserved (CC-BY-NC) / iNaturalist)

Eits Sobat, faktanya bayi lutung kelabu memiliki warna rambut oranye lho! Seiring masa pertumbuhan warna tersebut berubah menjadi kelabu. 

Bayi lutung kelabu (Wilson Yau, some rights reserved (CC-BY-NC) / iNaturalist)

Lutung kelabu merupakan lutung berukuran sedang dengan status konservasi menurut IUCN adalah rentan (vulnerable). Salah satu penyebabnya adalah masyarakat menganggap lutung kelabu adalah hama. 

Ohiya Sobat, lutung juga diangkat dalam cerita rakyat masyarakat Indonesia, yaitu Lutung Kasarung. Siapa disini Sobat yang pernah mendengar cerita rakyat tersebut?

Itulah Sobat beberapa jenis primata yang hidup di hutan Kalimantan, sebenarnya jika kita ulik lagi masih banyak loh! Jadi tidak heran ya jika hutan Kalimantan menjadi habitat bagi primata.

Namun sangat disayangkan hampir seluruh jenis primata yang hidup di hutan Kalimantan berada dalam status konservasi yang sangat mengkhwatirkan. Jadi sudah menjadi tanggung jawab kita untuk turut serta dalam menjaga kelestarian hutan dan tentunya primata di Indonesia. 

Bayangkan Sobat jika hutan rusak atau hilang? Tentu satwa liar di dalamnya juga akan hilang dan punah, lho! šŸ˜Ø

Referensi : 

  1. https://www.goodnewsfromindonesia.id/2017/04/29/sebuah-ikon-dari-banjarmasin-patung-bekantan 
  2. https://pantaugambut.id/kabar/rasau-dan-bekantan#:~:text=Dalam%20ekosistem%20gambut%2C%20bekantan%20memiliki,yang%20kemudian%20tumbuh%20semakin%20lebat
  3. https://prcfindonesia.org/bekantan-monyet-unik-dari-pulau-kalimantan/
  4. https://museum.biologi.ugm.ac.id/2023/08/29/tiga-perbedaan-fisik-spesies-orang-utan/
  5. https://betahita.id/news/lipsus/5814/tiga-spesies-orangutan-indonesia-begini-ciri-khasnya-.html?v=1608672443
  6. https://kukangku.id/jenis-jenis-kukang-di-dunia-7-jenisnya-hidup-di-indonesia/
  7. https://internationalanimalrescue.or.id/kukang-dan-tantangan-konservasinya/#:~:text=Kukang%20memiliki%20peran%20penting%20di,atau%20tumbuhan%20hutan%20itu%20sendiri.
  8. https://gardaanimalia.com/owa-kelawat-primata-endemik-kalimantan-yang-terancam-punah/ 
  9. https://p2k.stekom.ac.id/ensiklopedia/Lutung_Kelabu#:~:text=Lutung%20Kelabu%20atau%20dalam%20nama,ujung%20warna%20putih%20atau%20kelabu
  10. https://kalsel.antaranews.com/berita/115812/lutung-primata-eksotik-penghuni-baru-camp-riset-tim-roberts 
  11. Featured image: Gunung Lumut, Kalimantan Timur; Jan van der Ploeg / CC BY-NC-ND 2.0 DEED

Elif Ivana Hendastari 

Dukung satwa-satwa dilindungi Indonesia dengan membagikan kisah ini di sosial mediamu atau ikut berdonasi untuk satwa-satwa di pusat rehabilitasi kami dengan mengklik link di sini.

Kabar YIARI

7
Jul 4, 2024

Lima Prinsip Kesejahteraan Satwa yang Harus Kamu Ingat!

Pasti Sobat #KonservasYIARI mendambakan hidup sejahtera dan bebas, bukan? Seperti halnya manusia, hewan juga merupakan makhluk hidup yang berhak menikmati kehidupan yang bebas dan sejahtera. Kesejahteraan hewan, yang dikenal dengan lima prinsip kebebasan...

7
Jun 26, 2024

Hutan Mangrove, Rumah bagi Biota dan Fauna yang Mesti Dilindungi

Fungsi hutan mangrove ternyata lebih banyak daripada yang kita duga, fungsi dan perannya tidak hanya melulu menahan laju abrasi pantai. Sebab, berbagai jenis biota dan fauna menghuni kawasan ekosistem satu ini, memberi manfaat bagi lingkungan maupun untuk...

Artikel Terkait