PROGRAM PENGOBATAN DAN VAKSINASI ANJING DI KAMPUNG CIKEUSIK KAB LEBAK BANTEN

29 Des 2011
Admin YIARI

PROGRAM PENGOBATAN DAN VAKSINASI ANJING DI KAMPUNG CIKEUSIK KAB LEBAK BANTEN

oleh | Des 29, 2011

Tim satwa
Oleh : Aris Hidayat
15 anjing  berhasil kami tangkap dalam kegiatan vaksinasi dan pengobatan pada satwa anjing di kampung cikeusik baduy dalam desa kenekes kec leuwi damar kab lebak.
Program ini terlaksana sebagai hasil kerjasama antara Ekuator Indonesia, IAR Indonesia dan dinas peternakan provinsi banten. Dalam kegiatan social untuk masyarakat baduy dalam tersebut selain kegiatan  vaksinasi anjing  juga ada kegiatan pengobatan untuk manusia, kegiatan pengenalan dan tukar informasi tentang pengobatan herbal serta survey tanaman pangan alternative bagi masyarakat baduy dalam.
Saat menuju Baduy Dalam

Dalam kegiatan vaksinasi anjing, sebenarnya jumlah tersebut diatas masih jauh dari harapan mengingat estimasi jumlah anjing yang ada di kampung cikeusik sekitar 60 ekor. Musim hujan jadi penghambat karena banyak orang-orang baduy lebih memilih tetap tinggal di huma (gubuk di ladang) pada saat musim hujan sehingga anjing yang mereka miliki juga ikut menginap di ladang juga.

Tim YIARI

Untuk kedepannya, kegiatan vaksinasi anjing ini akan dilakukan lagi sebagai aksi social yang berkelanjutan bagi masyarakat baduy dalam mengingat kabupaten lebak termasuk dalam daerah suspect bagi penyakit rabies yang bersifat zoonosis atau bisa menularnya penyakit oleh anjing kepada manusia. Kegiatan ini akan tetap dilakukan sebagai bentuk kepedulian kepada masyarakat baduy dalam secara keseluruhan dengan tetap menghargai adat istiadat mereka yang begitu luhur di bumi Indonesia.

Dukung satwa-satwa dilindungi Indonesia dengan membagikan kisah ini di sosial mediamu atau ikut berdonasi untuk satwa-satwa di pusat rehabilitasi kami dengan mengklik link di sini.

Kabar YIARI

Artikel Terkait