Orangutan Diselamatkan Kemudian Jalani ‘Sekolah Liar’

19 Nov 2015
Risanti

Orangutan Diselamatkan Kemudian Jalani ‘Sekolah Liar’

oleh | Nov 19, 2015

Rabu, 18 November 2015 20:21 WIB | Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Novi Saputra

TRIBUNNEWS.COM, PONTIANAK  –  Sejak Oktober hingga pertengahan November 2015 International Animal Rescue (IAR)Ketapang telah melakukan penyelamatan atau evakuasi hingga 17 individu orangutan. “Total bulan ini sudah ada enam kali penyelamatan individu orangutan, kalau Oktober ada 11 kali,” kata Media and Communication International Animal Rescue (IAR) Ketapang, Heribertus kepada Tribunpontianak.co.id, Rabu (18/11/2015).

Individu orangutan yang diselamatkan sebagian besar masuk ke wilayah pemukiman ataupun perkebunan, lantaran terdesak semakin tingginya alih fungsi hutan di Ketapang. Selain itu juga terdapat kasus orangutan yang dipelihara oleh manusia. Penyelamatan juga melibatkan instansi terkait, sepert Badan Konservasi dan Sumber Daya Alam (BKSDA) Ketapang.

Orangutan yang diselamatkan kemudian menjalani “sekolah liar” di IAR Ketapang yang berada di Sungai Awan KabupatenKetapang. Orangutan yang telah lama berinteraksi dengan manusia dikhawatirkan kehilangan sifat liar sehiangga sulit untuk kembali hidup di hutann. Sementara orangutan yang telah berhasil diliarkan, akan kembali dilepasliarkan jika telah dianggap siap, ada beberapa titik hutan lokasi pelepasliaran yang biasa digunakan IAR, seperti hutan Gunung Tarak ataupun di Pematang Gadung.

Sumber : www.tribunnews.com

Dukung satwa-satwa dilindungi Indonesia dengan membagikan kisah ini di sosial mediamu atau ikut berdonasi untuk satwa-satwa di pusat rehabilitasi kami dengan mengklik link di sini.

Kabar YIARI

7
Jul 4, 2024

Lima Prinsip Kesejahteraan Satwa yang Harus Kamu Ingat!

Pasti Sobat #KonservasYIARI mendambakan hidup sejahtera dan bebas, bukan? Seperti halnya manusia, hewan juga merupakan makhluk hidup yang berhak menikmati kehidupan yang bebas dan sejahtera. Kesejahteraan hewan, yang dikenal dengan lima prinsip kebebasan...

7
Jun 26, 2024

Hutan Mangrove, Rumah bagi Biota dan Fauna yang Mesti Dilindungi

Fungsi hutan mangrove ternyata lebih banyak daripada yang kita duga, fungsi dan perannya tidak hanya melulu menahan laju abrasi pantai. Sebab, berbagai jenis biota dan fauna menghuni kawasan ekosistem satu ini, memberi manfaat bagi lingkungan maupun untuk...

Artikel Terkait