Orangutan Berusia 3 Tahun Ditemukan di Bekas Hutan yang Terbakar

15 Sep 2016
Heribertus Suciadi

Orangutan Berusia 3 Tahun Ditemukan di Bekas Hutan yang Terbakar

oleh | Sep 15, 2016

KETAPANG, KOMPAS.com

 Satu individu orangutan ditemukan dalam kondisi terluka di kawasan bekas hutan yang terbakar di daerah Parit Timur, Desa Sukamaju, Kabupaten Ketapang. Orangutan itu kemudian dievakuasi oleh Doni, warga yang menemukannya dan diserahkan ke pusat rehabilitasi Internasional Animal Rescue (IAR) Ketapang.

Manager Animal Care IAR Ketapang Ayu Budi Handayani mengatakan, orangutan berjenis kelamin betina berusia sekitar 3 tahun tersebut diserahkan pada Selasa (6/9/2016).

“Dilihat dari formulasi giginya, orangutan ini diperkirakan sudah berusia sekitar 3 tahun,” ujar Ayu, Kamis (8/9/2016).

Ayu menambahkan, berdasarkan cerita Doni, orangutan itu ditemukan saat ia bersama adiknya sedang memancing di daerah Parit Timur. Lokasi itu tidak jauh dari Pusat Penyelamatan dan Konservasi orangutan YIARI.

“Lokasi tempat ditemukannya orangutan ini merupakan bekas hutan terbakar. Orangutan itu ditemukan berada di tanah dengan kondisi tertimpa kayu dan kakinya bengkak,” ujar Ayu menuturkan cerita Doni.

Doni menyerahkan orangutan tersebut kepada IAR karena menyadari bahwa orangutan merupakan satwa yang dilindungi. Orangutan itupun kemudian diberi nama Cantik

“Kondisinya cukup memprihatinkan. Tubuhnya kurus kering dan luka di kakinya mulai membusuk. Beratnya Cuma 3,7 kilo dan sangat kurang untuk ukuran orangutan dengan usia 3 tahun,” jelas Ayu.

Saat ini Cantik mendapatkan perawatan intensif dan dimonitor selama 24 jam oleh tim medis IAR Ketapang.

 

Sumber: http://regional.kompas.com/read/2016/09/08/21310001/orangutan.berusia.3.tahun.ditemukan.di.bekas.hutan.yang.terbakar

Dukung satwa-satwa dilindungi Indonesia dengan membagikan kisah ini di sosial mediamu atau ikut berdonasi untuk satwa-satwa di pusat rehabilitasi kami dengan mengklik link di sini.

Kabar YIARI

7
Jul 4, 2024

Lima Prinsip Kesejahteraan Satwa yang Harus Kamu Ingat!

Pasti Sobat #KonservasYIARI mendambakan hidup sejahtera dan bebas, bukan? Seperti halnya manusia, hewan juga merupakan makhluk hidup yang berhak menikmati kehidupan yang bebas dan sejahtera. Kesejahteraan hewan, yang dikenal dengan lima prinsip kebebasan...

7
Jun 26, 2024

Hutan Mangrove, Rumah bagi Biota dan Fauna yang Mesti Dilindungi

Fungsi hutan mangrove ternyata lebih banyak daripada yang kita duga, fungsi dan perannya tidak hanya melulu menahan laju abrasi pantai. Sebab, berbagai jenis biota dan fauna menghuni kawasan ekosistem satu ini, memberi manfaat bagi lingkungan maupun untuk...

Artikel Terkait