IAR Bentuk Tim Khusus Untuk Antisipasi Konflik Orangutan dengan Manusia

19 Nov 2015
Risanti

IAR Bentuk Tim Khusus Untuk Antisipasi Konflik Orangutan dengan Manusia

oleh | Nov 19, 2015

Rabu, 18 November 2015 20:21 WIB | Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Novi Saputra

TRIBUNNEWS.COM, PONTIANAK  –  Tim khusus dibentuk olehInternational Animal Rescue atau biasa dikenal Yayasan Inisiasi Alam dan Rehabilitasi (YIARI) Ketapang. Tim tersebut dibentuk mengantisipasi tingginya potensi konflik antara orangutan dan manusia, terutama diwilayah Ketapang. Tim ini dinamakan Human-Orangutan Conflict Response Team (HOCRT).

Tim tersebut memiliki fungsi untuk melakukan verifikasi dan survey ketika didapat informasi keberadaan orangutan di seputar pemukiman atau perkebunan milik masyarakat. Media and Communication International Animal Rescue,Ketapang Heribertus memberikan contoh ketika tim penyelamat IAR melakukan translokasi empat individu orangutan pada pertengahan 17 Oktober 2015 di Siduk Ketapang.

“Operasi diawali oleh laporan msyarakat, YIARI langsung mengirim tim untuk melakukan verifikasi dan survey,”katanya Rabu (18/11/2015)

Ketika informasi keberadaan orangutan tersebut sudah dipastikan valid, agar terhindar dari konflik dengan manusia maka dilakukan segera pengiriman tim penyelamat. ”Juga dikoordinasikan dengan BKSDA,” lanjutnya. Heribertus menuturkan sejak Oktober kemarin, setidaknya sudah 17 individu orangutan yang dievakuasi. Bahkan diantaranya terdapat orangutan balita hingga orangutan yang berumur lebih dari 20 tahun.

Sumber : www.tribunnews.com

Dukung satwa-satwa dilindungi Indonesia dengan membagikan kisah ini di sosial mediamu atau ikut berdonasi untuk satwa-satwa di pusat rehabilitasi kami dengan mengklik link di sini.

Kabar YIARI

7
Jul 4, 2024

Lima Prinsip Kesejahteraan Satwa yang Harus Kamu Ingat!

Pasti Sobat #KonservasYIARI mendambakan hidup sejahtera dan bebas, bukan? Seperti halnya manusia, hewan juga merupakan makhluk hidup yang berhak menikmati kehidupan yang bebas dan sejahtera. Kesejahteraan hewan, yang dikenal dengan lima prinsip kebebasan...

7
Jun 26, 2024

Hutan Mangrove, Rumah bagi Biota dan Fauna yang Mesti Dilindungi

Fungsi hutan mangrove ternyata lebih banyak daripada yang kita duga, fungsi dan perannya tidak hanya melulu menahan laju abrasi pantai. Sebab, berbagai jenis biota dan fauna menghuni kawasan ekosistem satu ini, memberi manfaat bagi lingkungan maupun untuk...

Artikel Terkait