Edukasi Kolaboratif di Ultah ke-8 Taman Baca Jalosi Sanak Negeri di Batutegi, Lampung

30 Jun 2023
Admin YIARI

Edukasi Kolaboratif di Ultah ke-8 Taman Baca Jalosi Sanak Negeri di Batutegi, Lampung

oleh | Jun 30, 2023

Selamat ulang tahun!

Eh, emang siapa yang ulang tahun?

Taman Baca Jalosi Sanak Negeri! Sobat #KonservasYIARI tahu gak kalau Taman Baca Jalosi Sanak Negeri merupakan taman baca dampingan kamu sejak tahun 2019? 17 Juni merupakan berdirinya taman baca tersebut, dan tahun ini berusia 8 tahun! Oleh karena itu, kami berkolaborasi dengan FTBM (Forum Taman Bacaan Masyarakat), serta pihak taman baca merayakan hari ulang tahun taman baca ini pada tanggal 16 juni 2023, dengan tema “Kolaborasi Edukasi, Literasi, Konservasi, dan Seni”

Wow, ada perayaan apa aja tuh di hari tersebut?

Ada banyak! Bahkan acara harus dibagi menjadi tiga sesi menjadi sesi pagi, siang, dan malam. Pada pagi hari, setelah sambutan dari pihak terkait (YIARI, pengelola Taman Baca dan Bapak Kepala Dusun), ada penampilan tarian-tarian dari anak-anak Jalosi Sanak Negeri. Tarian tersebut mereka pelajari selama berkegiatan di taman baca. Kemudian, anak-anak PAUD-SD mengikuti lomba mewarnai, dan dilanjutkan  dengan pembagian doorprize untuk para orangtua.

Kegiatan seru saat itu terdiri dari pentas tari, lomba mewarnai, bagi doorprize, mendongeng, dan diskusi interaktif tentang kukang dan lingkungan (Denny Setiawan | Yayasan IAR Indonesia)

Pada siang hari, ada kegiatan bermain dan mendongeng yang dibawakan oleh tim FTBM. Sesi malam fokus pada diskusi dan penyadartahuan untuk orangtua dan anak-anak terkait kukang dan edukasi keanekaragaman hayati di sekitar Lampung. Anak-anak diberikan edukasi secara tidak langsung melalui dongeng tentang kukang yang disampaikan oleh Kak Elif Ivana selaku volunteer YIARI.

Edukasi untuk orangtua disampaikan melalui video edukatif dan sesi diskusi interaktif. Beberapa orangtua anak yang mayoritas adalah petani bahkan menceritakan pengalaman pribadinya yang pada awalnya menganggap kukang sebagai hama namun kini sadar bahwa kukang adalah hewan yang perlu dilindungi.

Ramai gak tuh yang datang?

Ramai banget! Total anak yang hadir sejumlah 65, yang terdiri dari anak PAUD sejumlah 32 dan anak SD sejumlah 33 anak. Meskipun berlangsung seharian penuh, energi anak-anak dan para orangtua anak seperti tidak ada habisnya! 

Ada review terkait acara hari ini gak sih dari peserta yang hadir?

Ada dong! Najwa, Ainaya, Aulia, Ulfa, dan Ririn kelas 3 SD sebagai anak-anak peserta kegiatan hari ini sih bilang kalau acaranya “asik, seru, menyenangkan, dan membahagiakan!” Mereka juga berharap untuk belajar mengenal alam, serta belajar jenis tarian lainnya.

Ibu Salma Martina selaku Bendahara FTBM menyampaikan bahwa kolaborasi dengan YIARI meningkatkan wawasan masyarakat terkait satwa dilindungi seperti kukang. Ibu Salma juga berharap dengan adanya taman baca, wawasan dan minat baca anak-anak,  khususnya di wilayah Batutegi dapat bertambah.

Ibu Mita selaku perwakilan orang tua murid (Denny Setiawan | Yayasan IAR Indonesia)

Kalau Ibu Mita selaku perwakilan orangtua anak-anak peserta kegiatan hari ini sih bilang kalau acaranya masyarakat sangat senang dan antusias berpartisipasi, apalagi dengan adanya doorprize yang dibagikan! Hehehe, semoga doorprize yang diberikan bisa bermanfaat ya Ibu-Ibu, kami ikut senang jadinya 😄

Wah seru banget ya ternyata kegiatan di Taman Baca Jalosi di Batutegi, kapan-kapan cerita lagi ya!

Siap, tunggu keseruan selanjutnya ya! 😃👍

Foto bersama di akhir kegiatan (Denny Setiawan | Yayasan IAR Indonesia)

Dukung satwa-satwa dilindungi Indonesia dengan membagikan kisah ini di sosial mediamu atau ikut berdonasi untuk satwa-satwa di pusat rehabilitasi kami dengan mengklik link di sini.

Fathia Rosatika

Dukung satwa-satwa dilindungi Indonesia dengan membagikan kisah ini di sosial mediamu atau ikut berdonasi untuk satwa-satwa di pusat rehabilitasi kami dengan mengklik link di sini.

Kabar YIARI

Artikel Terkait