Satu Lagi, Orangutan Diselamatkan dari Warga

20 Jun 2017
Heribertus Suciadi

Satu Lagi, Orangutan Diselamatkan dari Warga

oleh | Jun 20, 2017

Landak, reportasenews.com – Internasional Animal Rescue Indonesia kembali menyelamatkan satu orangutan peliharaan dari Desa Rabak, Kecamatan Sengah Temila, Kabupaten Landak.

Orangutan jantan ini bernama Kotap, dan berusia sekitar empat tahun. Baco, pemiliknya, telah memelihara Kotap selama tiga tahun.

Sebelumnya, pihak BKSDA sudah mendatangi Baco dan meminta dia untuk menyerahkan orangutan tersebut. Namun Baco menolak dan setelah beberapa kali diberikan pemahaman, Baco akhirnya mau menyerahkan Kotap.

Baco mengaku mendapatkan orangutan ini dari tetangganya yang kebetulan bertemu di Ketapang. Baco tidak sengaja melihat kotak yang dibawa oleh tetangganya.

Ketika dilihat isinya, ternyata kotak itu berisi bayi orangutan. Temannya menawarkan orangutan itu untuk dipelihara oleh Baco. Dan Baco mengiyakan.

Selama dipelihara Kotap diberi makan layaknya manusia. Makanan yang paling disukainya adalah mi instan mentah dan minuman sachet.

Padahal hal ini sangat berbahaya bagi kesehatan orangutan. Selain itu, Kotap juga diberi makan roti dan nasi, serta lauk-pauknya.

“Satwa orangutan ini diberi makanan seperti indomie, roti dan buah dan telah dirawat selama kurang lebih tiga tahun,” kata kepala SKW III Balai KSDA Kalimantan Barat, Dani Arief W.

Selama dua tahun terakhir ini, Kotap dipelihara dalam kandang berukuran 1 x 1 meter di depan rumah. Kotap dikandangkan karena takut kalau dilepas akan menganggu tetangga sekitar.

Saat ini Kotap berada di dalam kandang transit di kantor Balai KSDA Kalbar dan akan dibawa ke Pusat Penyelamatan dan Rehabilitasi IAR Ketapang untuk menjalani rehabilitasi. (das)

 

Sumber : http://reportasenews.com/saru-orangutan-diselamatkan-warga/

Dukung satwa-satwa dilindungi Indonesia dengan membagikan kisah ini di sosial mediamu atau ikut berdonasi untuk satwa-satwa di pusat rehabilitasi kami dengan mengklik link di sini.

Kabar YIARI

7
Jul 4, 2024

Lima Prinsip Kesejahteraan Satwa yang Harus Kamu Ingat!

Pasti Sobat #KonservasYIARI mendambakan hidup sejahtera dan bebas, bukan? Seperti halnya manusia, hewan juga merupakan makhluk hidup yang berhak menikmati kehidupan yang bebas dan sejahtera. Kesejahteraan hewan, yang dikenal dengan lima prinsip kebebasan...

7
Jun 26, 2024

Hutan Mangrove, Rumah bagi Biota dan Fauna yang Mesti Dilindungi

Fungsi hutan mangrove ternyata lebih banyak daripada yang kita duga, fungsi dan perannya tidak hanya melulu menahan laju abrasi pantai. Sebab, berbagai jenis biota dan fauna menghuni kawasan ekosistem satu ini, memberi manfaat bagi lingkungan maupun untuk...

Artikel Terkait