Perilaku Langka, Orangutan Kalimantan Makan Kukang

31 Okt 2023
Admin YIARI

Perilaku Langka, Orangutan Kalimantan Makan Kukang

oleh | Okt 31, 2023

Halo Sobat #KonservasYIARI!

Orangutan merupakan satu-satunya kera besar yang berada di Asia lho! salah satunya di Indonesia. 

Namun orangutan banyak dikenal sebagai primata yang berasal dari Pulau Kalimantan atau Borneo saja. Padahal habitat orangutan di Indonesia berada di Pulau Sumatra dan Pulau Kalimantan. 

Terdapat 3 spesies orangutan di Indonesia, yaitu orangutan kalimantan (Pongo pygmaeus), orangutan sumatera (Pongo abelii), dan orangutan tapanuli (Pongo tapanuliensis). 

Orangutan kalimantan (Pongo pygmaeus) (Rudiansyah | YIARI)
Orangutan sumatera (Pongo abelii) (andraescholz | some rights reserved (CC-BY-NC) | iNaturalist)
Orangutan tapanuli (Pongo tapanuliensis) (Farhan Adyn | some rights reserved (CC-BY-NC) | iNaturalist)

Ohiya Sobat! orangutan mempunyai aktivitas sehari-hari sama seperti kita. Menurut artikel yang dituliskan oleh Haddad et al. 2017 , aktivitas harian orangutan yang utama dipenuhi oleh kegiatan makan. 

Lantas apa saja sih pakan alami orangutan sebagai primata? Apakah orangutan juga pemakan daging seperti kita?

Menilik Perilaku Memakan Daging pada Orangutan Kalimantan

Orangutan dikelompokkan sebagai primata pemakan segala (omnivora), yang berarti mereka mengonsumsi baik tumbuhan maupun hewan. Meskipun orangutan termasuk hewan omnivora, 90% dari makanannya berupa buah-buahan (frugivorous) selain itu makanannya antara lain kulit pohon, dedaunan, bunga, beberapa jenis serangga, madu, dan jamur.

Orangutan memerlukan buah-buahan untuk memenuhi kadar air tubuhnya, seperti buah-buahan yang berdaging lembek, berbiji, termasuk buah berbiji tunggal dan buah beri seperti jenis Ficus sp (Rifanjani et al. 2022). Menurut Samudera et al. 2020, orangutan memenuhi kebutuhan nutrisi pelengkap lainnya dari makanan alternatif berupa biji dan daun muda yang kaya akan kandungan protein dan lemak.

Kukang kalimantan (Nycticebus borneanus) adalah salah satu satwa endemik Indonesia yang akhir-akhir ini mendapat perhatian karena teramati dimakan orangutan kalimantan (Tim Media | YIARI)

Namun Sobat ada yang berbeda dengan orangutan kalimantan dewasa jantan yang bernama Molong! 

Untuk pertama kalinya orangutan kalimantan terdokumentasikan memakan kukang. Perilaku memakan daging merupakan kejadian yang sangat langka dalam aktivitas orangutan liar. 

Perilaku langka tersebut dituliskan oleh Makur et al. (2021) dalam jurnal Primates yang berjudul “Slow Loris (Nycticebus bornenus) consumption by a wild Bornean orangutan (Pongo pygmaeus wrumbii)”

Menurut Makur et al. (2021), pemangsaan dan konsumsi kukang oleh orangutan kalimantan liar belum pernah terjadi. Namun berbeda dengan orangutan sumatera yang tercatat mengonsumsi kukang. 

Penelitian ini mengamati penangkapan dan konsumsi kukang (Nycticebus borneanus) oleh orangutan kalimantan, Molong di Stasiun Penelitian Orangutan Tuanan, yang terletak di wilayah Kapuas, Kalimantan Tengah.

Ini merupakan kasus pertama yang didokumentasikan tentang predasi dan konsumsi kukang oleh orangutan kalimantan dan dengan demikian memberikan titik data penting untuk memahami predasi primata pada spesies primata lainnya.

Orangutan terdokumentasi makan kukang (www.unas.ac.id)

Jika kita bandingkan dengan kera besar lainnya yaitu simpanse, simpanse berburu primata lainya, orangutan cenderung hanya bila bertemu. Dalam artikel yang dipublikasi oleh Kumparan, simpanse membutuhkan daging untuk memberikan nutrisi yang tidak bisa mereka dapatkan dari tumbuhan, seperti vitamin A dan B12, zinc, tembaga, dan zat besi. 

Memang Sobat belum ada tulisan mengenai alasan mengapa orangutan memiliki perilaku memakan daging atau primata. Namun hal ini dapat menjadi pembaharuan dalam ilmu pengetahuan khususnya perilaku orangutan kalimantan. 

Yang jelas kita harus sama-sama mendukung upaya pelestarian orangutan si kera besar Asia ini ya!

Elif Ivana Hendastari 

Referensi : 

  1. https://kumparan.com/kumparansains/simpanse-di-tanzania-ternyata-suka-makan-otak-monyet 
  2. Samudera V, Prayogo H, Widhanarto OG. 2020. Analisis kandungan air sumber pakan orangutan kalimantan (Pongo pygmaeus wurmbii) di stasiun riset cabang panti Taman Nasional Gunung Palung Kalimantan Barat. Jurnal Hutan Lestari. 8(4):705-013. 
  3. Haddad AA, Prayogo H, Anwari MS. 2017. Perilaku makan dan jenis pakan orangutan (Pongo pygmaeus) di Yayasan International Animal Rescue Indonesia (YIARI) Kabupaten Ketapang Kalimantan Barat. Jurnal Hutan Lestari. 5(2):300-306. 
  4. Makur KP, Atmoko SSU, Setia TM, Noordwijk MA, Vogel ER. 2022. Slow Loris (Nycticebus bornenus) consumption by a wild Bornean orangutan (Pongo pygmaeus wrumbii). Primates. 63(1):25-31. 
  5. Rifanjani S, Saputra MM, Siahaan S. 2022. Preferensi pakan orangutan (Pongo pygmaeus wurmbii) di stasiun penelitian cabang panti Taman Nasional Gunung Palung Kalimantan Barat. Jurnal Hutan Lestari. 10(1):14-22. 
  6. https://www.unas.ac.id/berita/studi-terbaru-peneliti-temukan-orangutan-kalimantan-makan-kukang/

Dukung satwa-satwa dilindungi Indonesia dengan membagikan kisah ini di sosial mediamu atau ikut berdonasi untuk satwa-satwa di pusat rehabilitasi kami dengan mengklik link di sini.

Kabar YIARI

7
Apr 1, 2024

Perlu Diketahui! 7 Jenis Plastik ini Sering Kita Pakai 

Sobat #KonservasYIARI pada mulanya plastik diciptakan manusia sebagai pengganti paper bag, loh! Seiring berjalannya waktu plastik diproduksi secara besar-besaran.  Tidak hanya itu, kini plastik sudah menjadi pencemar lingkungan seperti kemasan plastik sekali...

7
Mar 25, 2024

Yuk Kenali Primata Indonesia dengan Status Kritis di Alam!

Kata pepatah tak kenal maka tak sayang. Oleh sebab itu Sobat #KonservasYIARI harus kenal dengan primata di Indonesia yang memiliki status Critically Endangered (CR) atau kritis di alam. Primata yang memiliki status konservasi kritis di alam menandakan bahwa primata...

Artikel Terkait