Mahasiswa ITB Melakukan Survey Fenologi

23 Agu 2013
Admin YIARI

Mahasiswa ITB Melakukan Survey Fenologi

oleh | Agu 23, 2013

Adrian Dwiputra adalah mahasiswa Biologi Institute Teknologi Bandung sedang melakukan magang selama liburan semester. Kegiatan Adrian selama magang 1 bulan adalah membantu survey Fenologi.
Pengertian Fenologi disini adalah mempelajari penampakan aktivitas tumbuhan yang terjadi secara berkala pada waktu-waktu tertentu dalam satu tahun. Fenologi sebagai ilmu pengetahuan hingga saat ini masih berdasar pada hasil observasi tentang tahapan perkembangan tumbuhan (phenophase) eksternal yang tampak, seperti perkecambahan biji, pembungaan, perubahan warna daun, gugur daun dan semi daun. Data fenologis dapat memberikan informasi yang bernilai ekologis misalnya tentang karakter spesies pada suatu daerah dan pengaruh perubahan musim terhadap aktifitas tumbuhan. Pengambilan data fenologi sebagai salah satu pendukung sebuah kelayakan lokasi untuk pelepasliaran satwa yang dilakukan oleh YIARI selama ini yang disesuaikan dengan kelimpahan pakan alami satwa yang akan dilepasliarkan.
Adrian Dwiputra sudah lama terlibat menjadi volunteer Yayasan IAR Indonesia untuk program dilapangan.
Tetap semangat Adrian!!

Salam Lestari

Ayut Enggeliah E.

Education Staff

International Animal Rescue Indonesia

Curug Nangka, Kp.Sinarwangi, Ciapus, Bogor, Indonesia
Tel: +62 (0)251 8389232

yayasaniarindonesia.blogspot.com 

Untuk mengetahui informasi detail tentang Yayasan IAR Indonesia silahkan join di: 

Dukung satwa-satwa dilindungi Indonesia dengan membagikan kisah ini di sosial mediamu atau ikut berdonasi untuk satwa-satwa di pusat rehabilitasi kami dengan mengklik link di sini.

Kabar YIARI

Artikel Terkait