Kampanye Penyadartahuan Kukang

3 Nov 2011
Admin YIARI

Kampanye Penyadartahuan Kukang

oleh | Nov 3, 2011

Salah seorang sukarelawan yang sedang menjelaskan kepada tamu
 Di hari minggu yang cerah tim dari Yayasan IAR Indonesia yang terdiri dari Winar (kordinator Program penyadartahuan kukang), Intan (dokter hewan), Diah (staf Administrasi), Indri (staf edukasi) serta Bobby, Itang, Rosadi, dan Barnas (animal keeper kukang) juga bersama-sama dengan volunteer (6 orang dari himpunan satwa liar fakultas kedokteran Hewan IPB, 4 orang siswi smpn 3 Bogor, 1 orang ilustrator) termasuk 2 orang dari KSDA Bogor datang ke Pasar Pemda di Cibinong.
Mereka datang untuk melakukan kampanye penyadartahuan kukang, sebelumnya ada pemberitahuan bahwa ada penjual satwa yang menjual kukang di Pasar Pemda Cibinong. Sekitar pukul 8 pagi (setelah tenda didirikan dan atribut kukang dipasang) kegiatan dimulai. Berapa volunteer mulai stand by di depan stand untuk memberikan informasi kepada masyarakat yang lewat sementara yang lain pergi berjalan menyusuri pasar.
Beberapa orang yang benar-benar tertarik masuk ke dalam stand dan disana mereka diberikan penjelasan tentang kukang, tentang mengapa tidak boleh memelihara kukang, bahayanya serta perbedaan antara kukang dan kuskus. Beberapa yang lain, hanya melihat-lihat ke dalam ingin tahu namun tidak sampai masuk ke dalam stand.
Dari kuesioner yang ditanyakan kepada beberapa orang terdapat beberapa macam jawaban, mulai dari yang tidak tahu, tahu bernama kukang atau tahu namun namanya kuskus sampai ada yang pernah memelihara.
Sekitar pukul 12 siang tim menyelesaikan acaranya dikarenakan pasar sudah mulai sepi karena sudah banyak stand penjualan yang tutup.
Diharapkan setelah adanya kegiatan ini ada informasi yang menyebar bahwa tidak boleh memelihara kukang, membeli atau bahkan menjualnya, karena selain berbahaya kukang juga sudahtermasuk satwa yang dilindungi oleh pemerintah Indonesia dan ada sangsi yang cukup berat.

Dukung satwa-satwa dilindungi Indonesia dengan membagikan kisah ini di sosial mediamu atau ikut berdonasi untuk satwa-satwa di pusat rehabilitasi kami dengan mengklik link di sini.

Kabar YIARI

7
Jul 4, 2024

Lima Prinsip Kesejahteraan Satwa yang Harus Kamu Ingat!

Pasti Sobat #KonservasYIARI mendambakan hidup sejahtera dan bebas, bukan? Seperti halnya manusia, hewan juga merupakan makhluk hidup yang berhak menikmati kehidupan yang bebas dan sejahtera. Kesejahteraan hewan, yang dikenal dengan lima prinsip kebebasan...

7
Jun 26, 2024

Hutan Mangrove, Rumah bagi Biota dan Fauna yang Mesti Dilindungi

Fungsi hutan mangrove ternyata lebih banyak daripada yang kita duga, fungsi dan perannya tidak hanya melulu menahan laju abrasi pantai. Sebab, berbagai jenis biota dan fauna menghuni kawasan ekosistem satu ini, memberi manfaat bagi lingkungan maupun untuk...

Artikel Terkait