Ini Dia 3 Jenis Pakan Alami Si Primata Malam Kukang

8 Sep 2023
Admin YIARI

Ini Dia 3 Jenis Pakan Alami Si Primata Malam Kukang

oleh | Sep 8, 2023

Halo Sobat #KonservasYIARI! Kukang merupakan satwa liar yang masuk kedalam kelompok primata yang aktif beraktivitas di malam hari (nocturnal). Salah satu aktivitas di malam hari yang dilakukan kukang adalah mencari makanan atau pakan.

Sama seperti kita lho Sobat! satwa liar seperti kukang juga memerlukan makanan sebagai kebutuhan dasar untuk hidup. Makanan atau pakan itu sangat penting bagi kukang untuk mempertahankan diri dan untuk bereproduksi.

Nycticebus kayan (Jmiksanek | CC BY-SA 3.0)

Oleh sebab itu, yuk kita simak 3 jenis pakan alami kukang!

1. Buah

Kukang sangat menyukai buah-buahan, primata ini menyukai buah-buahan yang manis dan agak asam. Pada musim buah, kukang lebih sering terlihat pada pohon buah-buahan seperti cempedak, bangka, keruntungan (durian hutan), dan karamunting.  

2. Pakan hewani

Kukang diketahui merupakan primata yang mengkonsumsi pakan hewani untuk memenuhi kebutuhan proteinnya. Pakan hewani seperti serangga, anak burung, telur burung, kadal pohon, ular kecil, ulat sagu dan cecak pohon umum dikonsumsi oleh satwa ini. Pada saat diluar musim buah, satwa ini sering ditemukan di pohon yang ada sarang burung dan sarang semut.

Nycticebus borneanus (7layersoflands | CC BY-SA 4.0)

3. Getah dan cairan tumbuhan

Selain primata malam, kukang merupakan primata pemakan getah atau yang bisa disebut dengan exudativorous. Kukang menyukai tumbuhan yang memiliki cairan manis, seperti air nira dari pohon aren dan nektar bunga kaliandra.

Bunga Kaliandra (Meneerke bloem | CC-BY-SA-3.0)

Selain itu, primata ini juga teramati menjilati getah yang dikeluarkan oleh pohon seperti suren dengan cara mengigiti batang kayunya. Getah kayu dibutuhkan oleh kukang untuk memenuhi nutrisi kalsium.

Terdapat jenis bunga yang disukai kukang seperti bunga durian, pempaan, dan bunga topah.

Jenis hewan dari famili Lorisidae ini mengkonsumi makanan dengan kandungan energi tinggi. Bahkan kukang tidak pernah memakan daun-daunan, ini serius lho Sobat! menurut sebuah penelitian, kukang hanya menjilati embun atau sesuatu yang keluar dari ujung daun.

Nah, itulah Sobat jenis-jenis makanan alami yang biasa dikonsumsi kukang sehari-hari. Makanan alami tersebut hanya dapat ditemukan di habitat asli kukang. Yap! Di hutan.

Yuk kita sama-sama melindungi satwa yang terancam punah ini dengan tidak memelihara kukang serta turut serta dalam menjaga habitat alami kukang.

Elif Ivana Hendastari

Referensi :

https://kukangku.id/termasuk-pemakan-segala-apa-saja-sih-makanan-kukang/

Wirdateti, Setyorini L.E., Suparno, Handayani TH. 2005. Pakan dan habitat kukang (Nycticebus coucang) di hutan lindung perkampungan baduy, rangkasbitung-banten selatan. BIODIVERSITAS. 6(1):45-49.

Wirdateti. 2005. Pakan alami dan habitat kukang (Nycticebus coucang) dan Tarsius (Tarsius bancanus) di kawasan Hutan Pasir Panjang, Kalimantan Tengah. Jurnal Biologi Indonesia. 3(9):360-370.

Sinaga W, Astuti D.A., Iskandar E, Wirdateti, Pamungkas J. 2010. Konsumsi pakan asal hewan pada kukang (Nycticebus coucang) di fasilitas penangkaran, Pusat Studi Satwa Primata (PSSP) IPB. Jurnal Primatologi Indonesia. 7(2):69-75.

Dukung satwa-satwa dilindungi Indonesia dengan membagikan kisah ini di sosial mediamu atau ikut berdonasi untuk satwa-satwa di pusat rehabilitasi kami dengan mengklik link di sini.

Dukung satwa-satwa dilindungi Indonesia dengan membagikan kisah ini di sosial mediamu atau ikut berdonasi untuk satwa-satwa di pusat rehabilitasi kami dengan mengklik link di sini.

Kabar YIARI

Artikel Terkait