Ingin ke Hutan? Eitss Perhatikan Hal Ini Dulu Ya!

5 Mei 2023
Admin YIARI

Ingin ke Hutan? Eitss Perhatikan Hal Ini Dulu Ya!

oleh | Mei 5, 2023

Berbicara tentang hutan, penulis langsung teringat kepada cuitan dari Fiersa Besari yang mengatakan “Di hutan, saya senang berlama-lama. Karena di kota terlalu banyak drama”. Hutan memang menjadi tempat favorit bagi banyak orang.

Beberapa orang menilai bahwa hutan dapat dijadikan tempat yang nyaman untuk melepaskan penat. Namun seperti kata pepatah “Dimana bumi dipijak, disitu langit dijunjung”, pada saat di hutan ada hal yang boleh dilakukan dan juga hal yang tidak boleh dilakukan. Nah berikut merupakan hal yang boleh dilakukan dan tidak boleh dilakukan ketika kamu sedang berada di hutan.

3 hal yang boleh dilakukan ketika di hutan

1. Menanam pohon

Menanam pohon untuk menyelamatkan kehidupan (Heri Nugroho, CC BY-SA 4.0)

Kegiatan penanaman pohon merupakan kegiatan yang dapat menjaga ekosistem serta kelestarian hutan. Pohon yang ditanam dapat menjadi pengganti pohon yang sudah ditebang atau rusak. Banyak sekali manfaat yang didapat dari kegiatan menanam pohon dihutan. Jadi, kalian boleh melakukan hal ini ya.

2. Berfoto

Berfoto di hutan(Yusufpurnomo, CC BY-SA 4.0)

Zaman sekarang mungkin berfoto adalah kegiatan wajib yang harus dilakukan ketika mengunjungi sebuah tempat. Kalau tidak begitu mungkin akan dinilai kurang update oleh yang lainnya. Nah berfoto merupakan kegiatan yang boleh dilakukan ketika berada di hutan. Bahkan ada yang bilang kalau sedang berada di hutan, “Jangan ambil apapun kecuali gambar”. Namun hal ini tetap harus disertai etika yang baik ya.

3. Camping atau berkemah

Camping di hutan (Teteu, CC BY-SA 2.0)

Tidak jarang tujuan orang ke hutan adalah untuk kegiatan camping. Camping atau berkemah adalah hal yang sah-sah saja dilakukan ketika di hutan. Namun ingat ya, kalau camping tetap jaga kelestarian dan kebersihan lingkungan. Sebagai makhluk yang menikmati manfaat akan hutan, kita juga harus membalasnya dengan cara merawat serta menjaganya.

3 hal yang tidak boleh dilakukan ketika di hutan

1. Membuang sampah sembarangan

Tumpukan sampah yang mengotori lingkungan (Purplepix, CC BY 2.0)

Hal ini adalah hal yang haram dilakukan ketika kamu berada di hutan. Hal ini akan membuat hutan kehilangan keasriannya. Sampah yang ditinggalkan di hutan akan menyebabkan pencemaran lingkungan hutan. Jadi, ketika sedang di hutan maka bawa pulang sampahmu ya!

2. Menebang pohon sembarangan

Akibat dari penebangan pohon secara liar (CC BY-SA 3.0)

Penebangan pohon di hutan secara liar jelas-jelas tidak diperbolehkan. Hal ini dapat merusak ekosistem serta kelestarian hutan. Penebangan hutan juga dapat mengakibatkan bencana seperti tanah longsor dan banjir. Masih ingin menebang pohon sembarangan? Mending tidak usah ke hutan ya, hutan juga tidak butuh orang yang tidak bertanggung jawab kok.

3. Berburu satwa liar atau satwa dilindungi

Orang sedang mencari target perburuan (USFWS Headquarters, CC BY 2.0)

Coba bagi kalian yang tidak sadar akan kelestarian satwa, tolong banget jangan ke hutan ya. Hutan adalah habitat bagi banyak satwa. Tentunya satwa di hutan tidak boleh diganggu kehidupannya agar tetap lestari. Coba deh kamu bayangkan kalau satwa di hutan habis karena diburu oleh setiap orang demi kepentingan pribadinya, menyedihkan bukan? Ekosistem yang sudah terbentuk di hutan pun akan terganggu akibat dari perbuatan orang yang tidak bertanggung jawab tersebut.

Nah kalau sudah tahu apa saja hal yang dibolehkan dan tidak dibolehkan ketika di hutan, harus ditaati ya. Kelestarian hutan memang tergantung pada manusia yang memanfaatkannya. Ketika kita memberikan kebaikan pada hutan maka hutan akan memberikan kebaikan pula pada kita. Maka, jaga dan lindungi hutan untuk hidup yang berkelanjutan ya! Salam Lestari!

Dukung satwa-satwa dilindungi Indonesia dengan membagikan kisah ini di sosial mediamu atau ikut berdonasi untuk satwa-satwa di pusat rehabilitasi kami dengan mengklik link di sini.

Ravy Nur Aziz

Dukung satwa-satwa dilindungi Indonesia dengan membagikan kisah ini di sosial mediamu atau ikut berdonasi untuk satwa-satwa di pusat rehabilitasi kami dengan mengklik link di sini.

Kabar YIARI

Artikel Terkait