Aksi Sosial Yayasan IAR Indonesia untuk Baduy Dalam

11 Mei 2012
Admin YIARI

Aksi Sosial Yayasan IAR Indonesia untuk Baduy Dalam

oleh | Mei 11, 2012

Oleh IHp_EDU
Untuk kedua kalinya Yayasan IAR Indonesia (YIARI) mendapatkan kesempatan untuk melakukan aksi sosial di Perkampungan Baduy Dalam, Cikeusik. Aksi sosial yang dilaksanakan pada tanggal 4-6 Mei 2012 ini bekerjasama dengan Equator Indonesia.
Kegiatan yang dilakukan antara lain adalah penanganan kesehatan manusia, penanganan kesehatan satwa dan kegiatan penanaman pohon. YIARI membantu untuk penanganan kesehatan satwa. Satwa yang ditangani terbatas pada anjing dan kucing saja. Perlakuan yang dibelikan adalah pemberian vaksin rabies, obat cacing dan obat kutu, pemasangan microchip serta pemeriksaan kesehatan.
Ada 13 ekor anjing dan satu ekor kucing yang ditangani oleg tim medis YIARI. Beberapa penyakit ditemukan pada anjing dan kucing seperti ektoparasit jenis caplak yang menghisap darah, cacingan dan luka akibat benda tajam seperti golok.
Kepada Jaro Alim(kepala pemerintahan, penghubung antara masyarakat baduy dalam cikeusik dengan masyarakat luar baduy) tim menyampaikan maksud dan tujuan kegiatan aksi sosial ini salah satunya yaitu untuk mengontrol populasi anjing di kawasan Cikeusik melalui proses sterilisasi. Namun masyarakat baduy Cikeusik melalui jaro Alim tidak mengijinkannya karena bertentangan dengan hukum adat orang baduy yang mereka yakini turun temurun. Pendekatan dengan tetap menghargai adat istiadat mereka akan tetap kami lakukan agar program vaksinasi dan sterilisasi anjing dan kucing bisa dilakukan disana. Memang butuh waktu dan kami cukup memahami hal tersebut.
Selain wilayah Cikeusik terdapat kampung lain di Perkampungan Baduy Dalam yaitu Cibeo dan Cikeurtawarna. Dari informasi masyarakat di kedua kampung tersebut mereka mengatakan hanya ada beberapa anjing di cibeo sedangkan di cikeurtawarna tidak ada.

Dukung satwa-satwa dilindungi Indonesia dengan membagikan kisah ini di sosial mediamu atau ikut berdonasi untuk satwa-satwa di pusat rehabilitasi kami dengan mengklik link di sini.

Kabar YIARI

7
Jul 4, 2024

Lima Prinsip Kesejahteraan Satwa yang Harus Kamu Ingat!

Pasti Sobat #KonservasYIARI mendambakan hidup sejahtera dan bebas, bukan? Seperti halnya manusia, hewan juga merupakan makhluk hidup yang berhak menikmati kehidupan yang bebas dan sejahtera. Kesejahteraan hewan, yang dikenal dengan lima prinsip kebebasan...

7
Jun 26, 2024

Hutan Mangrove, Rumah bagi Biota dan Fauna yang Mesti Dilindungi

Fungsi hutan mangrove ternyata lebih banyak daripada yang kita duga, fungsi dan perannya tidak hanya melulu menahan laju abrasi pantai. Sebab, berbagai jenis biota dan fauna menghuni kawasan ekosistem satu ini, memberi manfaat bagi lingkungan maupun untuk...

Artikel Terkait